-->

8 Tempat Wisata Batu Malang Terbaik & Terhits yang Wajib Dikunjungi!

Wisata Batu Malang – Siapa sih yang tidak kenal dengan keindahan alam Kota Batu? Kota Batu merupakan salah satu Kota yang ada di Jawa Timur. Kota ini sangat terkenal dengan potensi wisatanya sejak dahulu. Dahulu kala, Kota Batu merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan, hal ini dikarenakan pesona alamnya yang indah, daerah pegunungan yang sejuk serta buah-buahan dan sayuran yang terdapat di Kota Batu.



Kota ini dikelilingi oleh setidaknya eight gunung yang menjulang ke langit. Kota ini terletak di Kaki dan lereng gunung dengan ketinggian sekitar 7000-1700 DPL. Pantas saja Kota Batu sangat sejuk dan nyaman sekali.

Dengan luas wilayah sekitar 202,30 km², sebagian besar keadaan topografi kota Batu didominasi kawasan dataran tinggi dan perbukitan yang berlembah-lembah yang terletak di lereng dua pegunungan besar, yaitu Arjuno-Welirang dan Butak-Kawi-Panderman.

Di wilayah kota Batu, yang terletak di sebelah utara pusat kota terdapat sebuah hutan lebat yang merupakan kawasan hutan lindung, yakni Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anak ke tempat wisata Batu Malang yang menarik dan tidak boleh kita lewatkan. Objek wisata di Batu sangat beragam, mulai sejarah, retail, pendidikan, hingga kawasan wisata alam. Tempat Wisata Batu Malang

Setidaknya ada destinasi wisata Batu Malang yang bisa anda kunjungi, berikut ini diantaranya:


1. Batu Night Spectacular

Objek wisata Batu Malang yang pertama adalah sebuah wahana hiburan yang menjadi salah satu tempat tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama yaitu BNS yang merupakan akronim dari Batu Night Spectacular. Batu Night Spectacular

Objek wisata yang satu ini berada di Desa Oro-oro Ombo, dekat dengan Jatim Park 2. Tidak heran kalau warga Batu dan wisatawan yang datang kesini sangat terhibur dan betah berlama-lama disini, ada banyak sekali wahana permaian yang menghibur, terdapat puluhan wahana permainan yang mengasyikkan, seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden, dan trampoline. Ada juga berbagai wahana yang menguji adrenalin, seperti drag race dan mouse coaster.

Tidak hanya untuk anak muda dan dewasa saja, disini juga terdapat wahana untuk bermain anak-anak, Kids Zone, yang memiliki 25 wahana. Di Batu Spectacular Night, Anda juga dapat menikmati panggung musik yang menampilkan musik dan kesenian tradisional.

BNS beroperasi pada malam hari, mulai pukul 15.00 – 24.00.

Kunjungi juga: 32 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Paling Populer


2. Jatim Park 2

Destinasi wisata Batu Malang selanjutnya adalah Jatim Park 2, yang merupakan kelanjutan dan bukti keberhasilan Jatim Park 2 yang telah lebih dahulu menuai sukses.

Lokasi Jatim Park 2 ini sama seperti BNS, yaitu di Desa Oro-oro Ombo, Batu, Jawa Timur, dan masih berdekatan dengan Jatim Park 1.  Jatim Park 2

Konsep Jatim Park 2 ini mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa. Di dalam location Jatim Park 2 yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini, terdapat kebun binatang Batu Secret Zoo, penginapan Pohon Inn yang unik, dan museum satwa yang bangunannya menyerupai Istana Negara. Di Jatim Park 2 ini juga terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam region khusus anak-anak.

Terdapat juga insektarium yang berisi 5000 jenis serangga dari berbagai negara. Di dalam museumnya pun, Anda dapat menjumpai 80 diorama satwa dari berbagai negara.


 3. Jatim Park 1

Nah ini dia objek wisata Batu Malang yang tidak boleh dilewatkan, Jatim Park 1. Jatim Park 1 menjadi salah satu objek wisata favorit di Batu Malang karena terdapat banyak sekali wahana permainan dan hiburan yang bisa kita nikmati. Jatim Park 1

Lokasi objek wisata Batu Malang ini berada di lereng Gunung Panderman, sekitar 20 km dari kota Malang, tepatnya terletak di Jl. Kartika No 2, Batu.

Tidak tanggung-tanggung, terdapat 36 wahana permainan yang menarik untuk kita coba, seperti Volcano Coaster, Pendulum, Air Borne Shot, dan Sky Swinger. Di Jatim Park 1 juga terdapat waterbom, Galeri Nusantara yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, bioskop 3D.  

Untuk technology center, ada chemical and biology technological know-how centre, outdoor science centre, dan mastering gallery. Jatim Park 1 ini dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas, seperti outlet makanan & minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Tersedia juga mushola, klinik, nursery room, bathroom, dan tempat parkir.  Jatim Park 1 buka setiap hari pukul 08.30 – sixteen.30.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati wahana di Jatim Park 1 ini? Tunggu apa lagi?


4. Eco Green Park

Satu lagi tempat wisata edukasi di Batu Malang yang bisa kita kunjungi yaitu Eco Green Park yang masih terletak di Jl Ora-ora Ombo No 9A, tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2.

Disini setidaknya ada 35 wahana edukasi yang bisa kita kunjungi. Tenang saja, anak-anak pasti akan suka bermain dan belajar disini, karena moto objek wisata di Batu Malang yang satu ini adalah Fun and Study. Eco Green Park

Eco Green Park sendiri berusaha untuk memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni. Tujuan Eco Green Park ini tentu saja agar para pengunjung (terutama anak-anak) belajar tentang ekosistem. Eco Green Park ini dibagi menjadi beberapa zona, yaitu: Zona miniatur candi terkenal di seluruh Jawa, insectarium, taking walks chook, track plaza, jungle adventure, international parrot, Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Water Track, Dome multimedia, dan lain-lain.

Di Eco Green Park, Anda dapat berkeliling dengan menyewa e-bike. Di Jungle Adventure, Anda dapat berkeliling hutan dengan kereta terbuka sembari menembak pemburu liar dengan senapan mainan. Seru! Eco Green Park buka mulai pukul 09.00 setiap harinya.


5. Alun – Alun Kota Batu

Alun-laun kota batu kini menjadi salah satu tujuan wisata Batu Malang yang tidak boleh kita lewatkan, terutama pada malam harinya, apalagi untuk anak-anak muda. Alun – Alun Kota Batu

Sejak direnovasi pada tahun 2011, alun-alun kota Batu telah menjadi wisata di Batu, Malang yang murah-meriah. Anda dapat menikmati indahnya air mancur dengan puluhan burung merpati yang beterbangan di sekitar air mancur.

Di sini juga terdapat wahana bianglala, mini playground, ruang informasi berbentuk strawberry raksasa, dan bathroom berbentuk apel raksasa. Alun-alun Kota Batu kerap menjadi ajang pentas seni.

Wah, sangat menarik sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bukan?


6. Museum Angkut

Anda ingin melihat ribuan koleksi mobil mewah, mobil antik dan mobil-mobil keren? Anda bisa mengunjungi museum angkut yang ada di Jl Terusan Sultan Agung Atas No 2, Batu, tempat wisata malang Malang.

Museum ini termasuk baru dibuka, sekitar tanggal 9 Maret 2014 dan menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung konsep transportasi. Museum Angkut

Di Museum Angkut kita bisa melihat berbagai koleksi moda transportasi, mulai dari yang ditarik hewan sampai dengan transportasi yang menggunakan tenaga listrik.

Museum yang berdiri di wilayah seluas three,7 hektar ini dibagi menjadi beberapa zona, antara lain: zona edukasi, zona Sunda Kelapa dan Batavia, zona Jepang, zona Uni Eropa, zona Hollywood, dan Zona Gangster & Broadway. Museum Angkut yang berada di bawah manajemen Jatim Park Group ini sering menjadi lokasi pameran, occasion komunitas, bahkan tempat foto prewedding.

Museum Angkut buka setiap hari pukul 12.00 – 20.00. Sedikit recommendations untuk anda yang juga ingin mengunjungi Museum d’Topeng Kingdom, anda bisa membeli tiket terusan dengan harga yang lebih murah pastinya.


7. Museum d’Topeng Kingdom

Masih berada di tempat yang berdekatan dengan museum angkut, anda bisa mengunjungi Museum d’Topeng Kingdom. Museum ini juga termasuk baru dibuka, tidak beda jauh dengan museum angkut. Museum d’Topeng Kingdom

Museum d’Topeng Kingdom dibuka sejak 23 Mei 2014 ini. Disini pengunjung bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah kebudayaan bangsa Indonesia sejak dahulu. Museum ini juga menyimpan lebih dari 2000 topeng kuno dari berbagai penjuru Indonesia.

Koleksi topeng tersebut disimpan dalam sebuah lemari kaca besar yang dipisahkan berdasarkan asal daerahnya. Salah satunya ada topeng yang ditemukan di sekitar Candi Borobudur yang dilapisi cat berbahan prada. Ada juga koleksi kursi kerajaan Singaraja dari Bali, koleksi Al-Quran kuno berusia ratusan tahun, dan berbagai jenis wayang. Museum d’Topeng Kingdom ini buka setiap hari pukul 12.00 – 20.00 WIB.


8. Taman Selecta Batu

Taman Selecta Batu ini menjadi salah satu tujuan wisata Batu Malang yang tidak boleh dilewatkan. Taman ini sudah ada sejak lama, sekitar tahun 1930 pada masa penjajahan Belanda. Kawasan Wisata Selecta Batu Malang


Sekian 8 Tempat Wisata Batu Malang

LihatTutupKomentar