-->

Goa Jomblang, Peristiwa Sinar Surga di Goa Bawah Tanah




Gunungkidul memang dikenali sebagai surga rekreasi di Jogja yang sekarang jadi bintang tujuan liburan. Tidak cuma kaya beberapa pantai elok yang eksotik, Kabupaten di pesisir selatan Jogja ini rupanya simpan pemandangan alam goa yang memukau. Goa Jomblang sebagai salah satunya dari banyak gunung yang tawarkan keelokan luar biasa. 


Bila dibanding dengan goa-goa yang lain ada di Gunungkidul, Goa Jomblang mempunyai karakter tertentu yang malah jadi magnet untuk pelancong lokal atau mancanegara. Bahkan juga keelokan pemandangan alam goa ini pernah dipakai untuk ambil gambar sebuah reality show yang dengan judul The Amazing Race di tahun 2011.


Secara administratif Goa Jomblang berada pada Dusun Kekasihejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Yogyakarta. Untuk capai tempat rekreasi ini, pelancong minimal harus tempuh jarak lebih kurang 56 km dari pusat Kota Jogja, atau sekitaran 1,5 jam perjalanan. Goa ini sebagai sisi dari beberapa ratus goa yang berada pada bukit-bukit karst sepanjang pesisir selatan Jawa.


Lokasi dari Goa Jomblang bisa disebutkan gampang untuk diraih. Pelancong bisa memakai kendaraan individu atau kendaraan umum untuk ke arah objek rekreasi itu. Bila dari pusat Kota Jogja, pelancong dapat naik bis dari Terminal Giwangan ke arah Wonosari. Sesampai di Wonosari, kamu harus ambil jalur ke arah Kecamatan Semanu lalu stop di Kepala Desa Jetis Wetan.


Riwayat Goa Jomblang

Proses berlangsungnya goa yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini cukup unik, kegiatan geologis yang terjadi juta-an tahun kemarin menyebabkan amblasnya tanah dan semua vegetasi yang ada diatasnya ke dasar bumi. Peristiwa itu menyebabkan terciptanya lubang atau sinkhole berdiameter lebih kurang 50 meter.


Sinkhole itu kerap disebutkan oleh masyarakat di tempat dengan sumuran atau Luweng. Hingga goa ini dikenal juga mempunyai nama lain yakni Luweng Jomblang. Goa Jomblang bisa digolongkan masuk ke tipe goa vertikal dengan type Collapse Doline.


Untuk masuk goa vertikal ini pelancong harus memakai tehnik Singgel Rope Technique atau kerap disebutkan SRT. SRT sebagai tehnik yang umum dipakai untuk masuk goa vertikal. Tehnik ini memakai satu tali yang dipakai sebagai pelintasan dan untuk naiki dan menuruni tempat vertikal.


Readmore : Travel Jember Surabaya


Tidak cuma daya tarik pemandangan alam, ada riwayat gelap yang menyelimutinya keindahan dari Goa Jomblang. Kabarnya, menurut masyarakat di tempat goa ini pernah dijadikan tempat untuk pembasmian anggota PKI. Menurut masyarakat, anggota PKI itu diperintah untuk berdiri di pinggir mulut goa dan diikat satu dengan lain. Saat salah satunya ditembak dan jatuh ke dalam mulut goa, yang lain juga turut terbawa jatuh ke goa dengan tinggi capai 80 mtr. ini.


Menurut kesaksian masyarakat, di tahun 1982 pemerintahan di tempat bersihkan tersisa tulang belulang manusia yang berantakan dalam goa. Tidak main-main sekitaran 3 truk tulang belulang sukses diambil dari Goa Jomblang ini. Tidak itu saja, narasi mistik yang membuat bulu-bulu kuduk bergidik juga kerap terjadi. Pada akhirnya sesudah masyarakat lakukan doa bersama, peristiwa-kejadian mistik itu sekarang telah tidak ada lagi.


Daya tarik Goa Jomblang

Tempat rekreasi ini benar-benar pas untuk pelancong yang memiliki jiwa petualang dan ingin memicu adrenalin. Dibutuhkan nyali besar untuk pengunjung yang ingin melihat keelokan pemandangan yang ada di dalam Goa Jomblang.


Untuk masuk goa vertikal ini, bukan kasus yang mudah. Perlu nyali besar dan perlengkapan khusus sama sesuai standard keamanan yang perlu dikenai wisatawan. Tidak itu saja, benar-benar dianjurkan pelancong ditemani oleh pemandu lokal yang sudah eksper dan terbiasa.


Goa Jomblang, Peristiwa Sinar Surga di Goa Bawah Tanah

Saat sebelum turun ke goa, pemandu akan menggunakankan perlengkapan yang lumayan komplet seperti helm, head lamp, sepatu dll. Tehnik yang dipakai pasti ialah SRT, yang merupakan tehnik baku untuk masuk goa vertikal itu.


Ada banyak lajur yang dapat dipakai pengunjung untuk menuruni Goa Jomblang. Lajur itu mempunyai ketinggian berbeda, yaitu mulai 15 mtr. sampai 80 meter. Benar-benar dianjurkan untuk pelancong yang pemula, untuk memakai lajur VIP dengan ketinggian 15 meter.


Saat menuruni goa, pelancong akan rasakan kesan yang cukup menegangkan. Panorama yang sebelumnya dikuasai dengan pohon-pohonan hijau dan bukit-bukit karst, ganti dengan keelokan rimba dengan beragam tumbuhan yang hidup didalamnya. Tidak itu saja, batu-batuan yang berada di dalam goa seakan percantik pemandangan dari Goa Jomblang.


Semua vegetasi yang turut ambles ke dasar goa, antiknya tumbuh subur sampai saat ini. Ini seolah jadi daya magnet tertentu yang tidak dapat dijumpai di goa-goa lainnya. Setelah tiba didasar goa, pelancong akan dibawa oleh pemandu untuk ke arah Luweng Grubug yang disambungkan dengan lorong sejauh 300 meter.


Dilorong itu, akan terlihat ornament-ornamen elok yang penuhi dinding goa seperti stalaktit, stalakmit dan batu-batuan kristal yang paling cantik. Sesudah datang di Luweng Grubug, akan terhidang peristiwa alam yang luar biasa.


Readmore : Travel Jember Malang


Sinar matahari yang menerobos lewat lubang goa, jadi dimensi tertentu yang sayang sekali untuk dilewati. Tidak jauh dari Luweng Grubug, pengunjung dapat menyaksikan sungai bawah tanah yang mengucur dengan derasnya dari Goa Kalisuci.


Sarana Goa Jomblang

Sarana yang ada pada tempat rekreasi ini masih termasuk sangatlah minim. Tetapi umumnya rumah Kepala Desa Jetis Wetan dipakai pelancong sebagai tempat penitipan barang dan pelabuhan. Kadus Jetis Wetan mempersilakan pengunjung Goa Jomblang untuk menggunakan kamar mandinya untuk beres-beres setelah telusuri keelokan goa.


Kadus Jetis Wetan benar-benar tidak mengambil ongkos, tapi pelancong umumnya memberi uang seikhlasnya. Semestinya pemerintahan di tempat turun tangan untuk mengurus tempat rekreasi ini supaya mempunyai sarana memadai. Kekuatan rekreasi yang dipunyai Goa Jomblang lumayan besar yang dapat tarik beragam pelancong untuk bertandang ke arah tempat ini.


Menelusuri pemandangan alam yang dijajakan Goa Jomblang memang hebat dan melawan, berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu kerjakan di tempat rekreasi ini.


Caving Goa Jomblang

Untuk kamu yang mempunyai jiwa petualang dan hoby memicu adrenalin, tempat rekreasi ini benar-benar pas jadi tujuan berliburmu bila bertandang ke Jogja. Goa Jomblang tawarkan kesan caving yang unik dan cukup menantang. Perlu nyali yang lumayan besar untuk menuruni goa dengan tinggi capai 80 mtr. ini.


Kamu akan dihidangkan pemandangan alam yang langka bila bertandang ke goa ini. Kemungkinan kamu tidak mendapatinya di goa-goa lainnya. Didasar goa banyak pohon-pohonan, lumut, dan perdu yang paling unik. Batu-batuan yang ada didasar goa menambahkan keelokan dari goa ini.


Pelancong yang sudah bertandang ke goa ini kerap menyebutkan peristiwa alam ini dengan rimba purba. Tidak itu saja, kamu bisa juga menyaksikan cantiknya stalakmit dan stalaktit di lorong-lorong goa ke arah Luweng Grubug. Di Luweng Grubug, kamu akan menyaksikan peristiwa hebat saat sinar matahari masuk lewat lubang goa hingga membuat sebuah pilar sinar yang hebat cantiknya.


Hunting Photo

Selainnya beraktivitas caving, kamu bisa juga mendokumentasikan keelokan alam yang berada di goa ini. Banyak beberapa objek bagus yang dapat kamu foto dengan camera. Seperti batu kristal, stalakmit, stalaktit dan hijaunya tanaman yang ada didasar goa.


Tidak itu saja, Luweng Grubug sebagai spot terbaik untuk selfie dan memfoto. Spot ini jadi favorite untuk pelancong yang bertandang ke Goa Jomblang. Sorotan sinar matahari yang tiba menerangi gelap goa, seakan sinar surga yang paling mempesona. Seringkali pelancong berpose di bawah cantiknya pilar sinar itu.


Harga Ticket Masuk Goa Jomblang

Untuk masuk teritori rekreasi ini pelancong tak perlu bayar ticket masuk. Tetapi bila ingin beraktivitas caving, pelancong harus mengambil kantong sejumlah Rp. 450.000. Ongkos itu telah terhitung guide, makan siang, perlengkapan caving, dan asuransi jiwa

Readmore: Travel Jember

Panduan Berekreasi di Goa Jomblang

  1. Persiapkanlah keadaan fisikmu saat sebelum bertandang ke arah tempat rekreasi ini.
  2. Hadirlah saat siang hari, bila kamu ingin menyaksikan peristiwa pilar sinar matahari.
  3. Selalu turuti perintah dan anjuran dari pemandu untuk keselamatan jiwamu sendiri.
  4. Bawa baju tukar dari rumah.
  5. Selalu waspada saat telusuri dasar goa.
  6. Jaga kelestarian goa dan kebersihan goa dengan tidak buang sampah sembarangan.

LihatTutupKomentar